Advertisement
Monday, 30 Nov 2020

IFTA Gelar Rapat Kerja Ketiga di Restoran Gumati, Bogor

Semenjak dibentuk IFTA  pertanggal 25 Juli 2020, berbarengan dengan dibuatkannya Group WhatsApp IFTA Official , kini angota IFTA yang terdaftar resmi melalui Google Form di Database IFTA melalui penjaringan saat ini telah mencapai sebanyak 104 orang dari berbagai asal daerah di seluruh Indonesia. Dari seluruh anggota saat ini terdiri dari 55,7 % adalah perusahaan tour dan travel, 13,2% adalah pengelola destinasi wisata, dan sisanya terdiri dari pelaku pariwisata lainnya termasuk pejabat pemerintah, jurnalis, peneliti, tour guide serta pengelola restoran.

Dengan demikian untuk mengevaluasi kinerja IFTA salah satunya perlu dilakukan evaluasi dan upaya menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk memberikan manfaat lebih kepada anggotanya. Ketua IFTA Hendra Perdana mengatakan, kedepannya IFTA akan memiliki Support System Management yang akan memberikan manfaat lebih kepada anggotanya. Beberapa manfaat ini dapat dibagi dua, menurut Wakil Ketua IFTA Andri Hermawan, bahwa manfaat ini bisa diperioleh anggota sebagai perwakilan dari organisasi perusahaan / instansi pemerintah, dan kedua bagi personal sebagai anggota.

Manfaat dari Organisasi yang ikut serta di IFTA adanya suatu pendampingan secara sistem untuk dapat mengukur sampai dimana akualitas organisasi yang telah di capai misalnya penamaan level kualitas seperti ; New Be, Start Up, Growth Up, Excellence. Atau bisa dengan ukuran bintang satu, bintang dua, dan lainnya. Tentu ini akan membantu untuk mendorong perusahaan agar bisa tumbuh dan berkembang bersama sama. Begitu pula dengan Manfaat bagi peserta sebagai personal adalah, akan mendapatkan banyak pengetahuan melalui tawaran-tawaran peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni melalui kegiatan seperti Webinar/ Seminar Online, Training Online, Ujian Sertifikasi Profesi dan lainnya. Semua itu dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas anggota IFTA. Semua itu nantinya akan berujung kepada Sistem penghargaan yang akan dilaksanakan dalam sebuah acara Anugerah IFTA setiap tahunnya. Jadi rasanya rugi kalau tidak bergabung dengan IFTA.

Melanjutkan rapat tersebut setelah mendapatkan arahan dari sang ketua IFTA sebagai wadah konsep pelayanan IFTA kepada anggotanya maka rapat Kerja ini menindaklanjuti dengan memberikan hasil sebagai berikut :

  1. Akan dilakukan Uji Coba Simulasi dari OPEN TRIP MAJALENGKA agar dapat mematangkan kegiatan ini sebagai salah satu pemasukan IFTA kedepannya.
  2. Family Camp IFTA akan dibuatkan susunan acara yang dimulai pada 12.00 siang sebagai waktu Wellcome Drink sekaligus makan siang dan dilanjutkan acara pembukaan yang akan dihadiri Oleh Wabub Wonosobo. Selanjutnya akan kita libatkan Art Outbound dimana setiap keluarga atau kelompok akan diberikan tugas mempersiapkan acara seni pada saat di acara Api Unggun dimalam hari. Setelah itu kesesokan harinya akan disiapkan acara jalan jalan di sekitar lingkungan Highland Indonesia. Jangan lupa hapalkan lagu GO IFTA dan Highland Indonesia ada acara Doorprize dan hadiah hadiah kejutan lainnya. Seru kayaknya ya.
  3. Akan meluncurkan Project Gerbang Digital Pariwisata Puncak yang acaranya akan dilakukan Soft Launching di Acara Family Camp. Diharapkan GDP Puncak kedepan akan menjadi Prototipe di masa depan di daerah lain. Project IFTA ini menjadi Project Masa depan di dunia Informasi Pariwisata sebagai Platform baru.
  4. Perencanaan kerjasama dengan Kementrian Pariwisata untuk menyelenggarakan Seminar mengenai Gerbang Digital Pariwisata di bulan Desember.
  5. Perlu digalakkannya kembali kepada seluruh anggota untuk dapat memasang Iklan di Infolibur.com
  6. Diharapkan seluruh anggota dapat mengikuti acara acara Webinar Zoom Meeting dan Training Training Online yang akan diselenggarakan oleh IFTA kedepan. Untuk acara yang paling dekat adalah Webinar Marketing Digital tanggal 10 September 2020 dan Training Online mengenai Marketing digital oleh Agus Gineer dari About Cirebon sebagai Praktisi Media Sosial dan Media Online.
  7. Akan segera dipersiapkan acara IFTA Award atau Anugerah IFTA .

Dengan Rapat Kerja IFTA pada tanggal 4 September 2020, pada hari Jumat telah dilaksanakan dengan baik, semoga bisa menjadi awal peningkatan semangat kebangkitan Pariwisata.

GO IFTA!