Thursday, 23 Sep 2021

Kabupaten Kuningan Menjadi Wilayah Sentral Pariwisata Desa Wisata di Jawa Barat

Tertanggal 30 November 2020, Sekjend IFTA Nasional (Andri Hermawan, A.MI., MT.,PhD (Cand.)), dan juga sekaligus Penasehat Prawita-Genppari DPD Kab. Kuningan secara bersama sama dengan Penasehat lainnya seperti ; Dr. Wawan (Universitas Lampung) , Dr. Urif (Universitas Bakrie) , Bpk. Solehudin (Tokoh Masyarakat Kuningan) , Dr. Terry (IPWIJA),  telah menunjuk Bpk. Luthfi sebagai Ketua Prawita – Genpari DPD Kab. Kuningan , disusul Bpk. Agus sebagai Sekertaris Umum dan Ibu Dian sebagai Bendahara Umum. Dibentuk secara aklamasi di Cafe Lumer, sebuah tempat Cafe Susu Murni di wilayah Cipari Kuningan.  Pada pembicaraan tersebut langsung menjadualkan pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata.

Menurut Sekjend IFTA sekaligus Penasehat Prawita-Genppari , Bpk. Andri Hermawan. Kebersamaan ini merupakan bentuk gotong royong antar lembaga organisasi yang saling bersinergi. Peranan Genppari sebagai bentuk gerakan nasional pecinta pariwisata akan mendorong kompetensi SDM di lapangan di dunia pariwisata agar memiliki nilai lebih dari sektor kepariwisataan, sedangkan IFTA akan mendorong Teknologi Digital di dunia Pariwisata yang sedang mempersiapkan Platform Digital Pariwisata secara Nasional. Peranan Organisasi ini kedepan akan bergerak dibidang Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata dan Teknologi Digital Pariwisata di Indonesia. Hal ini juga di sampaikan juga pada kesempatan tanggal 1 Desember 2020 dengan Bapak Toto sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kuningan serta Bertemu langsung Silahturahmi dengan Bupati Kabupaten Kuningan Bpk. H. Acep Purnama, S.H., M.H di ruang kerjanya pada tanggal 5 Desember 2020.

Menurut Penuturan Bpk. bupati Kabupaten Kuningan Kedepan Kabupaten Kuningan akan dibangun Sentral Pariwisata Multiculture di desa Cisantana , yang terdapat didalamnya di Desa Wisata tersebut seperti, Wisata eduksi seperti Peternakan Susu, Pertanian, Pasar Sayuran, Wisata Malam hari seperti ; wisata lampu dan lampion, Wisata perkemahan seperti; Glamping (Glamor Kemping), Wisata Taman Bunga, Wisata Perkebunan, Wisata Religi,  Wisata Selfi dan Wisata Lainnya. Menurut rencana Kab.Kuningan akan mendorong sekitar kurang lebih 40 Desa Wisata berdiri, mudah mudahan bisa lebih dari itu , ungkap Bpk. Bupati pada saat pertemuan kala itu.

Sesuai arahan Bupati Kuningan, bahwa dalam waktu dekat ini menyambut baik jika ada lembaga seperti Genppari akan mengukuhkan berdirinya di kabupaten Kuningan. Karena kedepan akan sangat dibutuhkan lembaga pariwisata ini berperan aktif menjadi partner pemerintah untuk mewujudkan pusat desa Wisata di Jawabarat bahkan diharpkan secara Nasional. Peranan ini akan lebih efektif dibantu dengan peranan IFTA sebagai lembaga yang mendorong pariwisata Digital kedepannya secara Nasional.