Salam Explorasi

Pada tanggal 25 – 28 Februari 2022 para fighter IFTA bersama dinas pariwisata dan pemerintahan Tanggamus melakukan kegiatan explorasi destinasi wisata. Kegiatan ini mengikutsertakan 4 perwakilan bupati diantaranya :

1. Hj. Iswanti, S.E., M.M
Wakil Bupati Kab. Seruyan

2. H. Firdaus, SKM
Wakil Bupati Aceh Tengah
Beserta Istri

3. H. Mutsyuhito Solin, Dr,M.Pd
Wakil Bupati Pakpak Bharat
Beserta Istri

4. Ibu. Satya Titiek Atyani Djoedir
Wakil Bupati Barito Selatan.

Event ini disambut langsung oleh bupati Tanggamus Yaitu Ibu Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M.

Event Tanggamus ini pun dihadiri oleh para peserta IFTA yang berasal dari lokal maupun internasional. Hal ini bertujuan memperkenalkan destinasi indah yang dimiliki oleh Tanggamus kepada wisatawan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini industri pariwisata yang ada di kabupaten Tanggamus semakin berkembang.

Pada hari pertama, ketika sampai di daerah kabupaten Tanggamus kami menikmati keindahan teluk kiluan yang sangat menawan, dengan menggunakan perahu kami belayar menuju ke laut lepas melihat lumba lumba yang sangat lincah. Setelah melihat mamalia laut itu kami menyempatkan bersandar di pulau kelapa. sungguh takjub kami melihat pulau tersebut, pasir putih dan air laut yang sungguh jernih serta banyaknya pohon kelapa bagaikan lukisan pemandangan yang sangat berkesan. Tak jauh dari teluk kiluan juga terdapat tempat wisata yang sangat indah namun tersembunyi yaitu laguna gayau.

Hari kedua, kami berkunjung kebeberapa destinasi wisata Tanggamus seperti situs wisata batu bedil, yang dimana merupakan situs tempat peninggalan zaman megalitikum  yang terdapat batu batu menhir besar. setelah dari situs batu bedil kami menuju tempat wisata Air terjun Way Lalaan, saat baru tiba di sana kami disambut dengan pertujukan kesenian dari sanggar tari saka tiandan dan disuguhkan berbagai macam kuliner yang dikoordinasi oleh BUMDES Sampurna Jaya.

Saat malam hari,  di acara  Gala Dinner, Hendra Perdana atau yang akrab dipanggil Kang Elang selaku ketua umum IFTA mengutarakan betapa besarnya potensi wisata yang berada di Tanggamus. Bupati Tanggamus yaitu Ibu Hj. Dewi Handajani, SE., M.M. sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh IFTA ini, beliau berharap destinasi wisata yang ada di Tanggamus semakin dikenal sehingga akan membangkitkan perekonomian masyarakat.

Hari terakhir kami berkunjung di desa wisata Sailing Sumbermulyo, di sana terdapat perkebunan dan Kerajinan Tapis. masyarakat menyambut hangat rombongan IFTA dengan pertunjukan tarian dan suguhan kuliner. Bapak Pardi S.Pd MM selaku Camat Sumbermulyo sangat senang atas adanya kegiatan IFTA ini, beliau berharap dengan adanya kegiatan ini kedepannya dapat berpengaruh terhadap industri pariwisata di Tanggamus.

Tempat kuliner dan UMKM yang berada di taman MK Prayitno menjadi destinasi terakhir. Di sana rombongan IFTA menikmati kuliner dan membeli buah tangan hasil karya masyarakat Tanggamus yang sangat kreatif.

Jika kalian ingin berlibur, Tanggamus bisa menjadi pilihan keren. Salam Explorasi

 

Tags

4 Responses

  1. Saya senang bisa ikut serta dalam trip Tanggamus ini. Dari bbrp tempat yg belum pernah terdengar sampai akhirnya dapat menyuguhkan sesuatu dan mempunyai daya tarik adalah suatu usaha yg patut dihargai. Selaku pelaku wisata tempat ini pantas untuk dipublikasikan dan siap menerima wusatawan. Hanya akses menuju lokasi yang perlu diperhatikan lagi.

  2. Seru bangeeet Explorasi tanggamus, Teluk Kilauan dengan Dolphinnya, Pantai Gigi Hiu, Laguna Gayau dengan Dead Poolnya. Sukses terus IFTA lanjut ke trip2 berikutnya untuk membangkitkan Destinasi Wisata di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.