IFTA JAWA TIMUR

Kegiatan IFTA Jawa Timur

Pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2022. Bapak Khoiri mengadakan event bertajuk “Hunting Bareng Batik & T-shirt Gajah Mungkur. Selain sebagai ajang promosi Batik Gresik sebagai salah satu warisan budaya nasional, acara ini juga sebagai bagian dari perayaan HUT RI yang ke-77.

Di sela-sela obrolan, Bapak Khoiri menyampaikan bahwa beliau berniat membangun sebuah Warkop yang berlokasi tepat di depan Rumah Batik Gajah Mungkur. Tempat yang dipilih adalah sebuah bangunan rumah tua yang tidak terpakai dan Bapak Khoiri berniat membeli rumah tua tersebut.

Perkilan IFTA yang hadir dalam acara ini :
1. Mitta
2. Yulia
3. Riski
4. Denny
5. Arief

Kegiatan ini berkunjung ke Kampung Kemasan & Rumah Batik Gajah Mungkur.

  1. Kunjungan ke salah satu rumah di Kampung Kemasan, di mana tim IFTA bertemu dengan tuan rumah (salah satu ahli waris generasi ke-4) yang bernama Bapak H. Oemar Zainuddin atau biasa dipanggil Pakdhe Noot. Kampung Kemasan memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata heritage. Apalagi Gresik yang notabene kota industri, nyatanya masih menyimpan satu koleksi mahal yang layak dipublikasikan. Untuk pengembangan awal, mungkin di Kampung Kemasan bisa dibuat foodcourt/ cafe, dengan memanfaatkan salah satu rumah tua di Kampung Kemasan yang tidak terpakai.
  2. Kunjungan ke Rumah Batik Gajah Mungkur, di mana tim IFTA bertemu dengan Bapak Khoiri, salah satu ahli waris yang sampai saat ini masih giat memproduksi dan mempromosikan berbagai motif Batik Tulis khas Gresik.

Tambahan informasi :
– Kampung Kemasan dan Rumah Batik Gajah Mungkur, terletak di jalur yang berbeda namun saling berdekatan.
– Selain Kampung Kemasan dan Rumah Batik Gajah Mungkur, masih terdapat beberapa bangunan tua lain, ada yang terawat dan ada yang mangkrak.

IFTA JAWA TIMUR
Tags

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.