ifta jelajah indonesia

Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) Berdiri Tanggal 25 Februari tahun 2020. ketika Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan pariwisata dan pelaku pariwisata Indonesia, maka IFTA lahir dan berkomitmen sebagai motor penggerak bangkitnya pariwisata Indonesia yang berbasis konservasi budaya – konservasi alam – konservasi sosial dan lokalitas. Melalui fighter of tourism, memberi semangat baru dengan cara mengembangkan sebuah inovasi dan explorasi ke seluruh Indonesia dengan konsep IFTA Jelajah Indonesia. IFTA hadir untuk mempersiapkan destinasi wisata, menata dan membina para pelaku pariwisata dan bidang lainnya sebagai rantai pasok pariwisata di seluruh Nusantara. Khususnya untuk pengembangan SDM pariwisata berkelanjutan. IFTA merupakan lambang kebanggaan bagi para pejuang pariwisata untuk fokus berjuang dari bawah sehingga paska covid-19 ini masyarakat lebih kuat, solid dan inovatif. Fokus dan tujuan kami menjadikan IFTA sebagai barometer pariwisata yang ramah – lokalitas dan berkelanjutan yang selaras dengan program pemerintah pusat dan daerah untuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia.

Penguatan isu, transfer pengetahuan dan asesmen potensi dengan metode partisipatoris melalui berbagai pertemuan formal maupun informal dengan masyarakat sebagai pemangku utama model pariwisata berbasis masyarakat. Program ini diterapkan pada potensi desa yang terletak di setiap provinsi, Kabupaten dan kota dengan beberapa bentuk metode kegiatannya sebagai berikut; Research and development, melakukan kajian desa baru menjadi desa wisata baru Melakukan pendampingan program dan mengembangkan SDM desa berbasis kreativitas dan kearifan lokal yang berkelanjutan Melakukan uji destinasi melibatkan seluruh agen perjalanan dan praktisi wisata lainnya yang tergabung dalam IFTA. Mempromosikan destinasi baru dalam bentuk Film Dokumenter “IFTA JELAJAH INDONESIA”. Membuka dan memperluas peluang pasar untuk pelaku wisata lokal. Mendatangkan Investor Pariwisata

Peningkatan kapasitas dan keterhubungan pasar bagi para pegiat dan pelaku pariwisata lokal melalui pendekatan Community Based Tourism (pariwisata berbasis masyarakat). Program berdampingan SDM desa wisata berbasis Kreativitas & Kearifan lokal yang berkelanjutan.

VISI

  • Memajukan pariwisata Indonesia dengan menjadi pionir pembukaan destinasi wisata baru di Indonesia dan meningkatkan standar mutu kualitas pelayanan wisata dan profesionalisme kerja.

MISI

  • Menjadi wadah pemersatu bagi seluruh pekerja yang bergerak dibidang industri digital pariwisata. menjadi motor penggerak sistem digitalisasi di tingkat bawah (kabupaten kota) Meningkatkan profesionalisme kerja dan membuat standar mutu pelayanan anggota pelaku pariwisata. Mempersiapkan seluruh anggotanya untuk aktif membuka destinasi wisata baru di Indonesia.
  • Target IFTA Kedepan adalah untuk membantu pemerintah untuk membangkitkan Kembali pariwisata Indonesia dengan cara mengembangkan destinasi baru, mengembangkannya menjadi desa wisata baru, baik dalam pengembangan promosi, pengembangan SDM masyarakatnya, pengembangan potensi desanya, dan pelestarian seni budayanya sebagai daya tarik dari wisatawan untuk hadir dan menikmati keindahan alam yang selama ini belum tersentuh oleh pemerintah pusat dan daerah.

Kontak

Kantor Pusat
Jl. TB Simatupang Kavling 1, Cilandak Timur, Pasar Minggu
Kode Pos 12650, Jakarta Selatan.
Sekretariat
Jl. Kalijati Indah 2 No. 21-23 Antapani, Bandung, Jawa Barat.
E-mail : sekr@iftaindonesia.com