Pulau Bawean

Pulau Bawean

Sekilas tentang Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Adalah sebuah kabupaten yang terletak di utara Laut Jawa. Meski secara geografis Gresik menyatu dengan Pulau Jawa, namun Gresik juga memiliki sebuah pulau kecil yang letaknya terpisah dari pulau besar Jawa. Pulau tersebut bernama Bawean, jaraknya sekitar 120 km sebelah utara Gresik.

Pulau Bawean mayoritas dihuni oleh Suku Bawean atau biasa disebut Boyan. Suku ini terbentuk oleh percampuran antara orang Madura, Melayu, Jawa, Banjar, Bugis dan Makassar selama ratusan tahun.

Dari segi potensi pariwisata, Pulau Bawean bisa dikatakan mumpuni.

Mulai dari Island Hopping yang mana terdapat 5 spot andalan. Bawean Barat ada Tanjung Gaang dan Pulau Cena, sementara di Bawean Timur ada Gili Noko Selayar, Pulau Gili yang tersambung dengan Gili Noko, serta Garden Sea. Selain Diving, Free Diving dan Snorkeling, kalian juga bisa merasakan serunya aktivitas Kayaking dan Spearfishing (menembak atau memanah ikan di kedalaman laut sambil menyelam)

Untuk Overland, Pulau Bawean terdapat beberapa spot menarik, di antaranya Danau Kastoba, Gunung Sabu dengan view Danau Kastoba dari ketinggian, Air Terjun Laccar, Grojogan Candi, Bukit Gundul, Pantai Selayar, Pantai Mombhul, Penangkaran Rusa Axis kuhlii, Pemandian Air Panas dan masih banyak lagi.

Bagi pecinta kegiatan ekstrim seperti Rock Climbing, Pulau Bawean memiliki Tebing Karst Gunung Batu. Tempat ini biasa dimanfaatkan untuk pengibaran bendera Merah Putih raksasa tepat di hari kemerdekaan Indonesia. Sementara untuk kegiatan Caving, di sana juga terdapat beberapa spot goa, baik vertikal maupun horizontal.

Terakhir adalah wisata kuliner. Mengingat mayoritas masyarakat Pulau Bawean adalah nelayan, tak mengherankan apabila di sana banyak ditemui ragam makanan khas berbahan dasar ikan. Sebut saja cemilan seperti Koncok-Koncok, Leko, Pempek Kering Bawean dan Posot-Posot. Untuk olahan daging segar, kalian bisa membeli langsung di penangkaran seperti lobster, kerapu sunu, kerapu macan dan lain-lain.

Pulau Bawean bisa diakses menggunakan 3 macam moda transportasi, antara lain kapal feri Gili Iyang dan kapal cepat Express Bahari dari Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan Sangkapura, Bawean PP serta pesawat perintis Susi Air dari Bandara Juanda, Sidoarjo ke Bandara Harun Thohir, Bawean PP.

Luangkan waktumu ke Pulau Bawean, pulau kecil nan bersahaja kan membuatmu terkesima.

Pulau Bawean
Tags

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *