Selaju Sampan

Kalender Event Tahunan Selaju Sampan atau Pacu Perahu kembali di gelar di Tobek Nan Panjang yang merupan suatu Kolam ikan berukuran 25000M² yang berada Jorong Rajawali, Nagari Tigo Jangko, Kec Lintau Buo, Kab Tanah Datar, Prov Sumatera Barat.
Yang mana Event tersebut marupakan Tradisi masarakat Local dari Th1970 hingga sekarang..Kegiatan selaju sampan sempat terhenti di era tahu 2000 karna kondisi Kolam yang di landa kekeringan dan berbahai hal lainya..
Kemudian Pasca Pandemi Covid-19 Selaju sampan pun urung di gelar selama 2th berturut-turut.
Sekarang Event kebanggan Warga Nagari Tigo Jangko Itu Memasuki Babak Baru Pemuda Pamudi Nagari Tigo Jangko dengan di damping IFTA(Indonesian Fighter Of Tourism Association) kembali Mengankat Event Selaju Sampan ke Permukaan.
Tidak cuma itu sektor UMKM dan ekonomi kreatif juga turut serta menjadi mahnet pengunjung..Lebih dari 30 Stan Kuliner/Ekraf di buka untuk masarakat lokal yang ingin berjualan, dalam perkiraan penulis hampir 500juta uang sudah berpindah tangan di ajang selaju sampan yang di adakan dalam rentang waktu 10hari. Semua pedagang kecil yang turut berjualan di persekitaran Kolam terlihat sangat puas dengan hasil yang mereka raih..tak hayal mereka berharap Event ini tak hanya di adakan setahun sekali bahkan kalau bisa 1 bulan sekali…,
di babak Final sekaligus penutupan Event selaju sampan musim ini betul2 membawa berkah bagi panitia pelaksana,
labih dari 5000 tiket masuk dan 2300 tiket perahu raun terjual habis.
Event tahun ini di tutup oleh Anggota DPRD Prov Sumatera Barat yaitunya Bpk Jefri Masrul.S.E dengan decak kagum dan Apresisi yang se tinggi2nya kepada Pemuda-Pemudi dan juga Kepada IFTA Jelajah Indonesia yang telah Mendampingi dari Awal hingga event berakhir..Bahkan Selaju sampan sudah di masukan ke dalam Angenda Kalender Event Tahunan Kab Tanah Datar Tahun2 Mendatang.
End
Report by-Ronald Kasman

Category
Tags

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *